Cara Agar Anak Hafal Bacaan Sholat - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Agar Anak Hafal Bacaan Sholat

SuamiBijak.com - Alhamdulillah, saya beruntung dikaruniai banyak anak, selain anak kandung tentunya. Setiap hari saya harus berhadapan dengan anak-anak. Entah di sekolah, apalgi di rumah. Karena rumah mewah saya tiap harinya selalu saja didatangi oelh anak-anak dari beberapa kampung.

Kegiatan mereka mendatangi rumah saya tak lain, mereka hendak bermain dengan saya. Ya. Bermain plus mengaji. Salah satu kegiatannya adalah, saya membiasakan mereka untuk belajar shalat berjamaah Ashar. mereka wajib datang sebelum shalat Ashar.

Usia mereka campur, dari 4 tahun sampai ke tingkat SMA. Untuk kategori anak-anak usia dini sampai SD kelas 6 saya berikan kelas sore hari. Selebihnya, malam hari.

Selama mengasuh anak-anak, banyak sekali inspirasi dan metoda pembelajaran mandiri yang saya temukan. Salah satunya bagaimana Cara Agar Anak Hafal Bacaan Shalat?

1. WAJIB Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah bagi kita yang sudah baligh tentunya hukumnya sunnah muakkad (sunah yang mendekati wajib). Namun, bagi anak-anak sebutan WAJIB di sini adalah KEHARUSAN. Jika tidak didisiplinkan, anak-anak akan berbaur shalat sendiri-sendiri.

2. SUARA DINYARINGKAN

Dari awal niat shalat sampai dengan salam terakhir, saya mengharuskan untuk meyaringkan suaranya.

Diawali dengan imam yang telah ditunjuk, "USHOLLI FARDHOL 'ASHRI ARBA'AROKAATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAAN IMAAN LILLAHI TA'ALA. ALLOHU AKBAR..."

Lalu disambung dengan puluhan makmum, "USHOLLI FARDHOL 'ASHRI ARBA'AROKAATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAAN MAMUUMAN LILLAHI TA'ALA. ALLOHU AKBAR..."

dan seterusnya...

Kenapa saya mengharuskan untuk menyaringkan bacaan-bacaan shalat?

Ternyata, untuk ukuran seusia mereka, anak-anak, cara menghafal mereka sangat berbeda dengan kita yang dewasa. Kita bisa memilih metoda seperti apa untuk enak menghafal sesuatu; diiringi musik, harus hening, dll.

Anak-anak berbeda, karena memang dunia mereka lebih dominan dengan bermain. Maka, tak aneh ketika melakukan shalat banyak sekali yang celingak-celinguk, tengok kanan-kiri, bahkan jailin teman sampingnya. Namun, jangan salah. Mereka masih mendengar bacaan shalat yang dikeraskan teman lainnya.

3. TERUS DAMPINGI
 

Ini yang tak kalah penting. Terus mendampingi bacaaan dari awal sampai akhir. Meskipun ada sebagian dari mereka sudah hafal bacaan shalat. Sesekali kita membetulkan gerakan shalatnya. Karena sering saya dapati bacaan mereka dengan mengandalkan hanya mendengar saja, sering bertukar. Misal, dalam bacaan do'a iftihah, antara musyrikin dan muslimin.


Semoga Bermanfaat.






1 komentar:

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.