[Islamuna] Hari Arafah dan Keutamaannya - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Jumat, 09 September 2016

[Islamuna] Hari Arafah dan Keutamaannya

Hari Arafah dan Keutamaannya - Hari Arafah termasuk hari yang dimuliakan. Dimana Arafah adalah hari ke sembilan pada bulan Dzul Hijjah. Banyak kabar dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mengenai Hari Arafah ini.

Sebagaimana dalah Hadits Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban dalam kitab shohihnya dan al Hakim, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala membanggakan orang-orang yang berwukuf di Arafah kepada malaikat seraya berfirman: " Lihatlah hamba-hamba-KU itu sengaja datang kepada-KU dalam keadaan lusuh dan berdebu."

Siti 'Aisyah pun meriwayatkan, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada suatu hari yang Allah Ta'ala lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka, ketimbang di hari Arafah. Allah Ta'ala mendekatkan diri ke langit dunia, kemudian membanggakan mereka yang sedang berwukuf di Arafah di hadapan para malaikat, seraya berfirman: "Apa yang dikehendaki oleh hamba-hamba-KU itu."


KEUTAMAAN HARI ARAFAH

Adapun keutamaan dan keistimewaan Hari Arafah itu banyak sekali, diantaranya:
1. DISEMPURNAKANNYA AGAMA ISLAM

Dalam  Surat Al Maidah ayat ke 3:
"Pada hari i ni, telah AKU sempurnakan untuk kamu sekalian agamamu, dan telah KU-cukupkan kepadamu nikmat-KU, dan telah KU-ridhoi Islam itu dijadikan agama bagi kamu sekalian.

2. SEBAGAI HARI RAYA UMAT ISLAM

Hari Arafah merupakan hari rayanya Umat Islam. Sebagaimana Sayyidina Umar bin Khaththab dan Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, mengatakan bahwa ayat terakhir diturunkan (Surat Al Maidah ayat 3) turun di dua hari yang dimuliakan; Hari Jum'at dan Hari Arafah.
"Puji syukur atas nikmat dua hari rya kita ini" demikian perkataan Sayyidina Umar. 
Maka, jumhur ulama menganjurkan untuk berpuasa di hari Arafah ini bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah Haji.

3.  SEBAGAI HARI DUNIA YANG PALING UTAMA

Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dari Jabir radhiyallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda:
"Tiada hari yang paling utama di sisi Allah Ta'ala dari Hari Arafah." 

4.  HARI PENGAMPUNAN DOSA

Hari Arafah selain sebagai hari dunia yang paling utama, juga sebagai hari pengampunan dosa, hari pembebasan dari neraka, serta hari yang dibangga-banggakan oleh orang yang berwukuf di Arafah (Ahli Mauqif).

Bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah Haji, berpuasa di Hari Arafah sebagai penghapus dosa. Sebagaimana Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda:
"Menghapus dosa setahun yang lalu dan yang akan datang," (Hadits Riwayat Muslim, At Tirimidzi dan An Nasai)

5.  HARI HAJI AKBAR

Menurut sebagian ulama, hari Arafah juga disebut sebagai Hari Haji Akbar.

Demikian sekelumit tentang Hari Arafah dan Keutamaannya. Semoga kita yang belum melaksanakan Ibadah Haji, Allah berikan kesempatan kepada kita untuk menunaikannya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.