Jangan hanya duduk diam. Berjalanlah! - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Sabtu, 17 September 2016

Jangan hanya duduk diam. Berjalanlah!

Jangan hanya duduk diam - Bagi saya bukan suatu kebetulan jika saya dan aktivitas harian selalu berhubungan dengan anak-anak. Entah itu anak-anak di sekolah, maupun anak-anak santri di Rumah Qur’an Nurul Mushofa.

Kali ini saya mau berkisah tentang seorang anak didik saya di MTs. Sebut saja namanya Neng Sinta. Pindahan dari sekolah lain, dan saya mulai mengenalnya ketika kelas delapan.

Selesai pelajaran Qur’an Hadits, biasanya saya selalu berkisah, memotivasi atau ngobrol sama anak-anak tentang keseharian mereka. Setidaknya, posisi saya bukan hanya sebagai guru saja. Saya berlajar untuk menjadi ayah mereka di sekolah.

Siang itu, saya mengantarkan mereka untuk berjalan-jalan ke masa depan, mengejar cita-cita. Saya katakan, “Cita-cita sudah harus ada di dalam benak masing-masing. Ketika cita-cita sudah ada, tinggal kita berjalan selangkah demi selangkah!”


Di dalam kelas, ada sebuah botol minuman yang masih berisi air.



“Di depan sana, bapak melihat ada botol minuman yang berisi air. Sementara bapak sedang haus dan ingin meminumnya. Menurut kalian, apa yang harus bapak lakukan?” pancing saya kepada mereka.

“Ya diambil atuh, Pak,”

“Caranya?”

“Bapak bejalan dulu, lalu ambil botolnya,”

“Baiklah…” saya pun menjalankan intruksi mereka.

Diantara anak-anak ada yang langsung memahami kenapa saya berbuat demikian.
Saya katakan kepada mereka. Demikianlah dengan meraih cita-cita. Keinginan bisa diraih jika kita mempunyai tekad yang kuat, kemudian beraksi. Berjalan. Jangan hanya duduk diam.

[bersambung…]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.