Maunah Pesantren Al Qodar Garut, Selamat dari Banjir Bandang - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Kamis, 22 September 2016

Maunah Pesantren Al Qodar Garut, Selamat dari Banjir Bandang

Maunah Pesantren Al Qodar Garut, Selamat dari Banjir Bandang - 50 tahun yang lalu, Garut pernah dilanda banjir. Namun, tak sehebat dan sedahsyat tahun 2016 ini. Puluhan korban melayang menjadi santapan derasnya air Cimanuk. Bangunan rumah porak poranda disebabkan curah hujan dengan debit air yang sangat banyak.

Berita Garut dilanda banjir saya dapatkan sekitar jam 1 dini hari, melihat dari roolnews di TV One. “Garut Kebanjiran”. Ternyata berita secara viral sudah tersebar keesokan harinya (22/9/2016).

Musibah menjadi sunatullah (hukum alam) yang harus diterima. Seperti musibah Banjir Bandang di Garut ini. Di balik sesuatu musibah pasti ada hikmah yang harus diambil. Pun dibalik suati kejadian, selalu ada kisah yang membuat orang terhenyak.

Jika ada hikmah disetiap musibah, pasti ada maunah dalam setiap kisah.

Maunah Pesantren Al Qodar

Pesantren Al Qodar selamat dari banjir bandang. dok. PorosGarut

Maunah adalah pertolongan. Diberikan Allah Ta’ala kepada siapapun yang dikehendaki.

Berkat pertolongan Allah, Pesantren Al Qodar Kampung Lebak Siuh, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, yang tepat di bibir sungai Cimanuk sama sekali tidak tergerus banjir bandang.

 “Berkat pertolongan Allah SWT, pesantren kami tidak tersentuh bencana banjir bandang sungai Cimanuk,”ujar pendiri sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Al Qodar KH. Abdul Qadar Rusman, yang dilansir di PorosGarut.

Kyai Abdul Qodar menanggapi bijak atas kejadian banjir bandang ini. Baginya, musibah itu harus disikapi dengan arif. Bahwa Allah SWT tengah menegur kita. Di balik musibah tersebut pasti ada hikmahnya, agar kita peduli terhadap alam, terutama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Menggalakkan kembali reboisasi agar hutan tetap rimbun dan ijo-ijo royo.

Semoga kejadian banjir bandang di Garut bisa mengetuk hati kita untuk kembali kepada Allah Ta'ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.