1 Keluarga 1 Perpustakaan Menuju Kampung Literasi - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Jumat, 21 Oktober 2016

1 Keluarga 1 Perpustakaan Menuju Kampung Literasi

Menjelajah Buku, Membuka Mata Dunia menjadi motto Rumah Baca Asma Nadia. Bersyukur saya bisa menjadi bagiannya. Rumah Baca AsmaNadia Garut merupakan satu dari sekian rumah baca yang tersebar di Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Adanya perpustakaan/taman bacaan semodel Rumah Baca AsmaNadia Garut di lingkungan dimana saya tinggal, cukup merangsang masyarakat, khususnya anak-anak lebih suka membaca. Dan inilah targetnya.

Sebagai relawan Rumah Baca AsmaNadia Garut, ide-ide kreatif harus selalu dihadirkan dan di-action-kan. Beberapa program seperti Public Speaking, Pelatihan Mewarnai, Pelatihan Nulis Kalem sudah istiqomah dijalankan. Dilanjut dengan Rumah Tekno, pelatihan komputer dasar dengan beberapa modul pembelajaran seperti Ms. Office Word, Excel, Power Point, dll. Targetnya saya ingin mengajak mereka anak-anak untuk membuat aplikasi android. Berhubung skillnya belum ke sana, maka dipending dulu.
Belajar Public Speaking

Sering saya senyum sendiri. Bayangkan, satu komputer harus digilir rame-rame. Rebutan sudah tak aneh lagi. Bagi anak-anak kampung, mereka sudah bangga hanya memegang mousenya saja.

GO!!! Kampung Literasi

Harus diawali keyakinan untuk menuju sesuatu kebaikan. Menuju Kampung Literasi, salah satunya. Langkah awal untuk menuju kampung literasi itu, saya membuat Gerakan 1 Keluarga 1 Rumah Baca Mini (perpustakaan mini keluarga). Dimana setiap keluarga akan dikirim 10 - 20 buku yang dirolling setiap seminggu sekali.

Saya memilih Kampung Lunjuk Girang sebagai pilot projectnya. Selanjutnya 6 kampung lainnya dimana anak-anak yang mengaji tinggal.

Untuk menuju Kampung Literasi dibutuhkan koleksi buku yang banyak. Sementara buku yang ada di Rumah Baca Asma Nadia Garut sekitar 500-an.

Kalau Sahabat Bijakers punya buku buku yang udah nggak dibaca lagi, daripada numpuk... Yukk di sumbangin aja. Asalkan kondisi masih layak baca.

Alhamdulillah apabila Sahabat Bijakers berkenan menyumbangkan buku buku baru untuk anak anak di Rumah Baca Asma Nadia Garut yang saya asuh ini.

Apapun bentuk donasi Sahabat Bijakers akan memberi senyuman bahagia untuk anak anak di Rumah Baca Garut.

Insya Allah. Ada sebagian dari mereka adalah anak anak yang kurang beruntung untuk dapat membeli buku buku bacaan secara mandiri.

Yukk berpartisipasi untuk membantu anak-anak Indonesia menjadi lebih pintar, berwawasan dan kreatif. Mungkin usaha kita hanya sebuah langkah kecil untuk mereka, tetapi kita berharap sedikit demi sedikit dapat membantu mewujudkan mimpi mimpi anak anak Indonesia.
Om Jay, Blogger Guru Indonesia, saat berkunjung ke Rumah Baca AsmaNadia Garut.


Semoga Allah senantiasa melimpahkan kelapangan rezeki untuk Sahabat Bijakers dimudahkan segala urusannya . Aamiin

Ini alamatnya:

Kampung Hegarmanah Rt. 04 Rw. 11 Desa Talagasari
Kec. Kadungora Kab. Garut
Jawa Barat - Indonesia

2 komentar:

  1. Sangat setuju dan sangat mendukung gerakan satu rumah satu perpus! Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Do'anya kang Alee supaya cepet terwujud

      Hapus

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.