Parenting Tips: Cara Mendidik Anak yang Paling Efektif - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Selasa, 06 Desember 2016

Parenting Tips: Cara Mendidik Anak yang Paling Efektif

Penddidikan anak yang paling efektif adalah dengan keteladanan dan contoh nyata. Sehingga anak mampu merekam dengan apa yang dilihatnya dan itu akan menjadi sikapnya dalam keseharian.

Anak yang dibiasakan untuk menghargai orang lain dan ia jug amelihat keteladan itu di dalam keluarga, mereka akan tumbuh sebagai pribadi yang pandai menghargai siapa pun.

Teladan dan contoh nyata inilah yang penting dalam mendidik anak.


Sebaliknya, anak yang agresif dan suka menyakiti temannya berarti ia tumbuh dan berkembang di tengah  situasai yang juga saling menyakiti.

Dalam Al Quran, kita baca bagaimana kisah Luqman dalam membimbing anak-anaknya. Mulai kewajiban untuk mengesakan Allah, sampai kepada akhlak bergaul dengan orang lain. Intinya adalah pendidikan akhlak.
Baca Juga: Hati-Hati Menghukum Anak

Akhlak yang baik insya Allah akan memberikan pengaruh yang baik pula kepada siapa saja, termasuk kepada anak tiri yang nakal sekalipun.

Manusia mempunya akal dan qalbu. Dua perkara inilah yang membedakan dengan makhluk lainnya. Kalau perilakunya menyusahkan bahkan menyakiti orang lain, pendidikan terhadap akal dan qalbunya harus lebih diperhatikan dengan benar. Sehingga, nanti akan muncul kesadaran.

Keseimbangan untuk mendapatkan asupan akal dengan qalbu harus selalu diupayakan. Insya Allah dengan begitu akan muncul pribadi-pribadi yang luhur dan berakhlak terpuji.

Semoga kita dikaruniai anak yang berakhlak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.