Mengenali Perangkat Kesehatan Mulut dan Gigi - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Minggu, 19 Maret 2017

Mengenali Perangkat Kesehatan Mulut dan Gigi

SUAMIBIJAK.COM - Menjaga kesehatan mulut dan gigi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Selain mengganggu penampilan kita, masalah pada mulut dan gigi pun akan menyebabkan beberapa penyakit lainnya: pusing dan bau mulut.

Maka, untuk mengatasi masalah mulut dan gigi harus dilakukan perawatan yang mesti diperhatikan.

Membaca buku tentang Kesehatan Mulut dan Gigi dapat dipahami bahwa perawatan gigi di saat dewasa bukan lagi sebuah tindakan pembentukan. Karena kualitas gigi orang dewasa berbeda dengan kualitas gigi anak-anak.  Seperti kekuatan gigi, warna gigi dan kesehatan pada gusi, semuanya dipengaruhi oleh kondisi masa kecil. Bahkan, bisa dipengaruhi pada saat seseorang masih dalam usia kandungan.

Meskipun demikian, perawatan gigi juga sangat berpengaruh pada kesehatan mulut dan gigi; Bagaimana cara menyikat gigi yang benar, pengaturan kerapihan gigi sampai penggunaan alat-alat (perangkat) peraat mulut dan gigi.

Sebaiknya kita memahami dulu cara penggunaan dan perawatan alat penyehat mulut dan gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

PASTA GIGI


Menyikat gigi berfungsi untuk membersihkan gigi, terutama pada bagian gigi yang sulit dijangkau. Pasta gigi juga mengandung bahan pembersih gigi, bahan tambahan penguat gigi, pencegah plak dan penyehat gusi. Sehingga pasta gigi membantu proses pembersiah gigi.

ciptadent.co.id

Pasta gigi akan membantu mengeluarkan kotoran dan plak gigi saat kita menyikat gigi. Terjaganya kebersihan gigi ini dapat mengurangi kejadian pembusukan gigi (karies) dan penyakit gusi. Juga menghilangkan bau mulut dan menambah kesegaran mulut.


Bahan penting yang masih banyak digunakan dalam pasta gigi adalah terkandung: silica, dikasium fosfat, natrium metafosfat,  kalsium karbonat dan alumunium oksida.

Untuk mengurangi terjadinya pembusukan gigi atau karies, kita dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida. Namun, pasta gigi jenis seperti ini tidak dianjurkan untuk dipakai anak-anak.

OBAT KUMUR

Obat kumur mulut adalah larutan yang digunakan untuk menyegarkan bau mulut dan mencuci ronga mulut dengan cara berkumur. 


Ada  dua tujan: untuk kosmetik dan pengobatan, seperti dalam larutan kumur sejenis alkohol (timol). Alkohol ini biasanya digunakan untuk membersihkan dan mendapatkan rasa nyaman selepas berkumur, juga meningkatkan kesegaran mulut.

Dalam obat kumur ada minyak yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kuman. Di samping mempunyai kesan "bius" yang akanmelegakan kesakitan pada rongga mulut. Ada juga gliserin: untuk ramuan larutan yang meberikan rasa sejuk selepas berkumur dan meninggalkan rasa manis.

Obat kumur tidak dianjurkan kepada anak-anak. Karena mengandung sodium flourida pada kepekatan 0,05 gm/100ml, dimana berfungsi untuk mengatasi karies gigi.

Cara yang dianjurkan untuk berkumur adalah dengan berkumur ke celah gigi selama satu menit dan membuang semua larutan. Jangan ditelan larutan kumur tersebut. (Catatan: sebaiknya jangan makan apa-apa dulu selama 30 menit sesudah berkumur) supaya manfat obat kumur lebih optimal.


PENCUCI GIGI PALSU

Sama halnya dengan gigi asli, gigi palsu sangat perlu mendapat perawatan yang intens. Karena gigi palsu perlu dikunci setiap hari dengan tujuan untuk mengeluarkan kotoran, plak dan sisa makanan yang terlekat.

BENANG GIGI


Benang gigi adalah benang yang khusus digunakan untuk mebersihkan gigi bagian dalam yang sulit dicapai dengan menggosok gigi. Biasanya benang gigi diseliputi lilin dengan ketebalan yang khusus pula. Benang gigi ini bisa dibeli di apotek.

Perlu diperhatikan jika kita hendak menggunakan benang gigi. Karena ada teknik khusus. Yaitu dengan meletakkan benang dengan benar di celah gigi, lalu dengan teknik tarikan dan dorongan seperti menggunakan gergaji. Perlu hati-hati, apabila benang sampai ke gusi, maka perlu dilengkungkan menjadi bentuk C. Supaya dapat memasuki celah gusi untuk mengeluarkan kotoran atau sisa makanan di dalam gigi.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.