Menikmati Malam di Alun-alun Sumedang - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Rabu, 28 Juni 2017

Menikmati Malam di Alun-alun Sumedang

SUAMIBIJAK.COM - Kota Leutik Campernik, Kota Kecil Nan Cantik. Sumedang. Tanah kelahiran saya yang menyimpan rekam jejak selama numpang hidup di sebuah kota kecil yang pernah dipimpin oleh Pangeran Mekkah.


Satu malam di akhir Ramadhan kemarin, saya ajak istri dan anak-anak berbuka puasa di luar. Masjid Agung Sumedang menjadi lokasi tujuan berbuka.

Adzan Maghrib berkumandang, kami masih di angkutan umum 07. Tepat di tukang Surabi Buta salah satu kuliner pilihan di Sumedang, kami berhenti. Sekalian ta'jil.

Sumedang kini banyak berubah. Tahun ini saya sengaja memilih ikut Shalat Ied di Sumedang. Sudah dua kali lebaran syawal terpaksa di Garut, kebagian jadi Khatib I'ed yang menjadi alasan kuat.

Sumedang benar-benar Campernik - Cantik- dari tahun ke tahuh. Infrastruktur terus diperbaiki di segala sisi. Tugu Air Mancur Binokasi akan sebagai tugu penyambutan para pelancong ketika memasuki kawasan Sumedang Kota.

Lebih cantik lagi ketika kita sudah di Alun-alun Sumedang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, alun-alun disesaki para pedaganf kaki lima. Semrawut, kumuh, tak elok dipandang untuk sekelas alun-alun.

Tapi, sekarang berbeda. Kini Alun-alun Sumedang disulap menjadi tempat wisata bagi para pelancong yang sekedar ingin berfoto ria. Apalagi kalau malam hari.

Lampu-lampu dengan rancangan dari besi kecil, dibalut kain berwarna-warni, menambah kecantikan Alun-alun Sumedang di malam hari. Tak menyia-nyiakan kesempatan, mumpung lagi di Sumedang, saya abadikan dengan kamera smartphone.

Tugu Lingga yang berada di tengah alun-alun menjadi magnet para pengunjung. Banyak sejarah dengan Lingga itu. Salah satunya, pernah saya dengar kisah orang tua dulu, bahwa di bawah Lingga itu ada terowongan bawah tanah yang menjadi jalan dari Pendopo menuju Gunung Kunci.

Menikmati Malam di Alun-alun Sumedang menjadi wisata keluarga gratis. Bahkan tak hanya itu, khususnya bagi saya, bisa mengenalkan sama anak-anak, ada banyak pelajaran di sekitar alun-alun.

Tugu Lingga yang menjadi bukti, bahwa ada sejarah Sumedang di dalamnya.

3 komentar:

  1. Alun alun memang menjadi jujugan favorit wisata keluarga ya mas Fauzi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Adi. Meskipun dibilang kota kecil, namun menyimpan SDA yang potensi..

      Hapus
  2. Kisahnya sama saat saya menyambangi kota kelahiran saya mas,,, TEGAL

    alun-alunnya juga udah beda sejak setahun lalu, banyak perubahan yang buat saya kagum...

    BalasHapus

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.