Ngopivator: Cari Inspirasi Sambil Ngopi di Tanah Suci - Suami Bijak

Terbaru

Suami Bijak

Bijak Berkeluarga, Bahagia Berumah Tangga

Minggu, 06 Agustus 2017

Ngopivator: Cari Inspirasi Sambil Ngopi di Tanah Suci

SUAMIBIJAK.COM – Ini pertama kalinya saya ngopi di café. Saya lebih enak nyebutnya Kedai Kopi aja. Maklum anak kampung, gaya kekinian model sekarang selalu ketinggalan zaman. Termasuk yang lagi ngetrend saat ini, banyaknya café-café baru. Bermunculan. Termasuk café yang saya kunjungi ini.


Berawal dari seorang sobat - Alfan -  yang sering ngomongin soal kopi saat kami sedang ngopi di kantor. Sobat ini ternyata ikut nge-desain interior café kopi yang sedang dibangun kembali. Katanya, pernah berjalan Cuma lebih fokus bangun usaha Donat Madu. Si Sobat saya ini terus saja ngajak saya untuk sekedar nyicipi kopi khas ala Ngopivator.

Ya. Ngopivator. Sebuah kedai kopi satu-satunya yang ada di ‘Tanah Suci’.  Aslinya. Benar-benar di Tanah Suci.

Right…

Ketika saya tanya sama Ownernya, Muhammad Rikza Nashrulloh, yang ternyata ini teman baru saya waktu berangkat ke Jakarta mengikuti Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional bersama Indosat. Ujung-ujungnya ya kopdar juga.

Saya tanya sama Kang Rikza, apa alasan beliau menamakan dengan Ngopivator? Karena biasanya saya sering mendengar dan melihat dengan istilah Motivator, Eduvator, bahkan terakhir ada yang namanya Historivator. Nah, ini ada lagi Ngopivator.

“Filosofinya apa, Kang?”

“Begini, Kang. Biasanya orang setelah minum secangkir kopi suka ada inspirasi. Setelah inspirasi itu dapat, biasanya orang suka ngasih tahu ke orang lain. Tanpa sadar, ia sudah memotivasi orang lain. Maka, saya namakan kedai kopi saya ini Ngopivator.”

Owner NGOPIVATOR, Muhammad Rikza Nashrulloh

Membanggakan, di Ngopivator ini kopi khas Garut yang menjadi primadona. Saya baca dari buku menunya, ada beberapa menu yang disajikan. Ada dua menu andalan: KOPILOSOFI dan KOPITOGRAPHY. Anda tinggal pilih saja.

Ada 3 menu yang bisa Anda pilih dengan kategori KOPILOSOFI ala Ngopivator:

Amis Budi

Kopi Amis Budi ini, kopi yang disajikan menetes pada susu. Paduan manis dan pahit yang diciptakan terasa gurih.

Filosofinya, “Jadilah pribadi yang AMIS BUDI anu handap asor tur teu weléh seuri. Meskipun orang menyapa pahit, balaslah dengan senyum manis.”

Amis Budi itu selalu tersenyum sama orang. Handap asor itu tawadhu alias rendah hati. Ini diambil dari bahasa Sunda.


Handap Asor

Kopi tubruk, lambat laun ampas kopi akan turun “mengendap di handap”

Filosofinya: ampas kopi berada di bawah bukan berarti dia kalah, justru menguatkan cita rasa dan aroma kopi. Begitupun manusia, ketika memiliki sifat Handap Asor (daék ngahormat), bukan berari dia tak terhormat, justru dia menambah derajat.

Ayem Tengtrem

Kopi yang disajikan di téko French Press untuk dinikmati bersama.
Filosofi dari Ayeum Tengtrem ini adalah menikmati kopi se-téko bersama atau berlima, menciptakan suasana Ayem Tengtrem (teu aya rasa hariwang/ tidak ada rasa khawatir) karena kita pasti akan membutuhkan banyak saudara dan kawan.

Tak hanya itu saja, pilihan lainnya juga ada Espresso, Long Black, Macchiato, Piccolo, Flat White, Latte, Caramel, Cappucino, dan Mocha.

Lokasi Ngopivator di Tanah Suci?

Kedai Ngopivator ini tak jauh di pusat kota Garut. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani Timur No. 502, Suci, Karangpawitan, Garut. Lebih dikenalnya daerah ini tuh Suci. Jadi jika Anda ngopi di sini sama aja Anda sedang mengikmati kopi di Tanah Suci.

Gimana dengan Harganya?

Soal harga di Ngopivator? Beuh… ini mah Garut, owner lebih cerdas. Ngopivator ini kopi berkelas, harga pas.


Di Ngopivator, selain bisa dijadikan tempat nongkrong anak komunitas, juga dijadikan sebagai  inkubator bisnis. Keren kan?

1 komentar:

  1. Waahhh... ada kedai kopi ya mas di sana...? Doakan semoga saya bisa ke Tanah Suci juga

    BalasHapus

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.