9 Jenis Kegiatan untuk Memperingati Hari Anak Nasional

SUAMIBIJAK.COM - Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.  44 Tahun 1984, tanggal 19 Juli 1984, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Sebagai menghormati hak-hak anak di Indonesia, banyak lembaga atau komunitas yang intens pada dunia anak-anak sering mengadakan acara tahunan ini.


Pun dengan saya yang menjadi relawan sekaligus mengasuh sebuah perpustakaan dhuafa Rumah Baca AsmaNadia Kadungora Garut. Tiap tahunnya saya selalu mengadakan acara untuk mengisi Hari Anak Nasional. Baik secara online maupun offline.

Insya Allah, kali ini saya ingin berbagi seputar apa saja kira-kira kegiatan yang cocok untuk hari anak nasional.

Berikut 9 Jenis Kegiatan untuk Memperingati Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli:

1. Lomba Menggambar dan Mewarnai


Untuk memfasilitasi daya kreasi dan imajinasi anak, orang tua berperan untuk menyalurkan bakatnya, dengan menggambar atau mewarnai, misalnya. Selain untuk menggali potensinya, dengan menggambar atau mewarnai, anak akan diajak untuk belajar berekspresi.

Banyak sekali manfaat menggambar dan mewarnai untuk anak, salahsatunya melatih saraf motorik halus anak. Menggambar juga diyakini mempunyai ruang kreativitas tersendiri yang lebih jika dibandingkan dengan menghapal.

Maka, sebagai orang tua bijak, tak ada salahnya anak-anak kita diikutsertakan dalam lomba menggambar maupun mewarnai.

Dan pastikan sebelum mengikuti lomba menggambar dan mewarnai tersebut, orangtua hendaknya memahami petunjuk teknis (juknis) dan persyaratan lombanya.
Biasanya syarat-syarat lomba menggambar/mewarnai meliputi:
............

2. Lomba Foto Anak/Kompetisi Foto Instagram/Photo Contest Balita

Abadikan moment terindah Anda bersama anak tercinta dengan dokumentasi foto yang menarik. Siapa tahu kesukaan Anda potret memotret jadi peluang keberkahan bagi anak-anak. Salah satunya yang sering saya alami. Alhamdulillah, hobi memotret dengan smartphone bisa mendapatkan hadiah dari sebuah brand muslim.

Kesempatan buat Anda di bulan Juli ini, biasanya banyak penyelenggara yang mengadakan lomba foto anak di Instagram, Facebook, Twitter dan juga blog.

3. Lomba Menulis Cerita Anak

Karena ini untuk lomba untuk memperingati Hari Anak Nasional, maka lomba menulis cerita anak adalah lebih cocok.

Lomba menulis cerita anak pesertanya boleh bebas, pelajar, mahasiswa, atau umum.

4. Lomba Video Pendek di Instagram atau YouTube.


Instagram menjadi media sosial paling populer di tahun 2017. Apalagi kita bisa meng-upload video pendek berdurasi 1 menit.

Adapun untuk tema lomba video pendek, saya lebih menyarankan mengusung tema "Permainan Tradisional". Tentunya alasan kuatnya adalah, anak-anak kita di zaman digital sudah hilang kesempatan menikmati permainan tradisional; enggrang, main gundu, loncat tinggi, petak umpet, dll.

Nah, untuk mengembalikan permainan tradisional supaya tidak punah, maka ada baiknya kita bisa berkontribusi untuk ikut lomba atau sebagai penyelenggaranya.

5. Lomba Menyanyi Lagu Anak

Lomba menyanyi untuk anak-ana biasanya diselenggarakan oleh lembaga atau perorangan yang intens kepda dunia anak-anak. Pelaksanaanny pun bisa dilakukan secara offline atau online melalui video yang diharus diuplod ke Youtube.

6. Seminar Parenting

Seminar parenting dilakukan untuk meng-edukasi orang tua khususnya, bagaimana cara pengasuhan kepada anak secara bijak.

7. Operasi Bersih Kampung

Nah, operasi bersih alias opsih ini bisa dilakukan oleh warga masyarakat yang disesepuhi oleh pihak pemerintahan seperti Ketua RT, RW atau Kepala Desa. Banyak sekali manfaatnya selain kampung menjadi bersih, juga bisa untuk menjaga kekompakkan warga kampung tersebut.

8. Kejutan Ananda

Ini bisa dilakukan oleh Ayah Bunda memberikan sesuatu yang spesial kepada buah hati. Hadiah untuk ananda bisa berupa barang yang sekali dimiliki anak, atau berupa kejutan dengan mengajak mereka berlibur.

9 Santuni Anak Yatim Dhuafa

Yang tak kalah mulia kegiatan untuk memperingati hari anak nasional adalah menyantuni anak yatim dhuafa. Ya, masih beruntung dan mesti bersyukur diantara kita, anak-anak masih lengkap dengan ayah bunda. Tapi tidak dengan mereka yang yatim. Mereka harus rela dengan taqdir bahwa mereka sudah tidak berayah.

Maka, di Hari Anak Nasional (HAN) ini kegiatan mulia yang bisa diisi adalah menyantuni anak yatim dhuafa.

0 Response to "9 Jenis Kegiatan untuk Memperingati Hari Anak Nasional"

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel