Suami BijakClose
  • >
  • >
  • Digital Marketing: 6 Model Bisnis Online yang Bisa Anda Tekuni

Senin, 16 Juli 2018

Digital Marketing: 6 Model Bisnis Online yang Bisa Anda Tekuni

Sahabat Bijakers, kali saya akan berbagi seputar digital marketing yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk ibu-ibu yang seharian beraktivitas mengurus rumah tangga. Di zaman digital, Anda bisa memanfaatkan hanya dengan smartphone saja minimalnya.


Anda bisa memanfaatkan di zaman digital saat ini untuk memulai bisnis online, tanpa mengganggu aktivitas harian di rumah. Karena salah satu kelebihan bisnis online adalah tidak wajib memiliki kantor.

Ok. Kita mulai saja.

Sejujurnya, modelbisnis online saat ini cukup banyak kalau dirunut satu persatu. Namun, saya akan merangkum untuk memudahkan Anda memilih. Lebih cocok mana yang akan Anda pilih.

Setidaknya ada 6 Model Bisnis Online yang bisa Anda pilih, diantaranya:

1. Bisnis Jasa
2. Online Shop
3. Blogger
4. Publisher
5. Adviser
6. Affiliate Marketer


1. Bisnis Jasa

Keahlian adalah perkara wajib yang wajib Anda miliki. Saya yakin, Anda mempunyai keahlian/skill. Jangan dipungkiri, karena Allah Ta’ala tidak menciptakan perkara yang diciptakan asal-asalan. Termasuk memberikan Anda kehalian.

Jika Anda senang menulis, manfaatkan keahlian menulis itu menjadi ladang bisnis. Anda bisa membuka kursus online menulis. Banyak penulis amatir dan professional yang membuka kursus menulis online.

Atau Anda mempunyai keahlian desain grafis, Anda pun bisa membuka layanan jasa desain grafis, seperti membuat desain logo, undangan, spanduk, bahkan banner di blog.

Membuat video kreatif pun, saat ini menjadi target para netizen. Banyak yang berlomba-lomba membuat video kreatif yang hanya mengandalkan smartphone saja. Dengan aplikasi edit video yang bertebaran di Google Play.

Untuk bisnis jasa ini pasarnya sangatlah luas.


2. Online Shop


Online shop artinya jualan secara online. Terlepas apakah Anda punya produk atau tidak. Katakan Anda belum mempunyai produk, Anda bisa berjualan online hanya dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Anda bisa menjual produk orang lain, apakah itu baju, buku, computer, perlengkapan rumah tangga, atau apa saja yang menurut Anda layak dijual dan halal. Tapi, tentunya pilih tempat toko online aman dan nyaman.

3. Blogger

Blogger yang aktivitasnya cuma menulis (meskipun menulis catatan harian) dengan memakai teknik SEO, saat ini sangat dilirik oleh para pengiklan.

Buktinya?

Alhamdulillah, meskipun saya blogger amatir, cukup banyak pengiklan yang meminta jasa saya untuk mereview produk mereka. Bagaimana dengan mereka yang professional? Tentu lebih banyak permintaan review produk yang mereka dapatkan.



4. Publisher

Publisher artinya penayang iklan, adalah sebutan bagi blogger atau pemilik situs web/blog yang sebelumnya terdaftar dan disetujui oleh penyedia iklan. Saya kasih contoh Google Adsense saja.
Susah-susah gampang bagi pemula seperti saya untuk bisa menjadi publisher google adsense. Tapi, jika semua ketentuan Google terpenuhi, maka SELAMAT, Anda sudah siap menayangkan iklan di puluhan bahkan di ratusan situs Anda.

5. Advisor 


Jika publisher sebagai penayang iklan. Maka, advisor adalah mereka yang beriklan di google. Jujur, saya sendiri belum terjun menjadi Advisor. Namun, ada teman saya yang harus rela menerima puluhan juta gegara menjadi Advisor google.


6. Affiliate Marketing


Affiliate Marketing adalah makelar. Artinya orang yang mempertemukan antara penjual dan pembeli.

Jika Anda ingin menjadi Affiliate Marketer, Anda tidak perlu memiliki produk sendiri.
Karena di Internet, sudah bertebaran produk digital atau fisik yang bisa Anda pilih untuk dipasarkan secara online.

Anda tidak lagi direpotkan dengan customer service (CS). Anda cukup memasarkannya saja. Apalagi Anda mempunyai. Cukup copy kode link affiliate Anda.

Namun, pastinya ada keahlian-keahlian lain yang harus Anda miliki juga untuk benar-benar bisa sukses di Affiliate Marketing. Misalnya, membuat Landing Page, Website, Blog, dll.

Bagaimana?
Pilihan ada di diri Anda, silakan memutuskan dengan cepat mana saja yang cocok 6 Model Bisnis Online yang Bisa Anda Tekuni


-
;
Facebook Twitter Google+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.

© 2016 - 2018 Suami Bijak | Theme by Mas Juni