Jangan Lalai Berusaha, Ini Anjuran Rasulullah Bagi Pengusaha

SUAMIBIJAK.COM  - Keindahan Islam diantaranya mengajarkan umatnya untuk selalu berusaha, dan sangat membenci orang yang enggan bekerja dalam aneka alasan apapun.


Jika kita melihat kembali sejarah perjalanan Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam, kita akan mendapati bahwa beliau menggambarkan berkerja sebagai sifat dasar bagi seorang muslim dalam kehidupannya.


Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam, tidak membolehkan seseorang yang memiliki kebutuhan dan mampu bekerja, melakukan meminta-minta.

Ia mempunyai kewajiban berusaha selama ia mampu. Ketika seseorang mendatanginya smil meminta sesuatu, padahal orang tersebut terlihat kuat dan gagah, Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada orang itu,


” Apakah di rumahmu terdapt sesutu?”
“Ya, ada,” jawab orang itu. Lalu ia menyebutkan hal-hal yang ringan.

Maka Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membawa barang-barang itu, lalu Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam membelinya.


Beliau memerintahkan orang tersebut untuk menggunakan sebagian uang itu untuk membeli makanan untuk keluarganya. Sebagian lagi untuk membeli kapak. 


Kemudian Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada orang itu, “Pergilah ke hutan cari kayu bakar. Aku tidak akan melihatmu selama lima belas hari!”


Kemudian, orang itu melaksanakan titah Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam, dan kemudian datang lagi setelah menghasilkan uang. Sebagian yang ia dapatkan dibelikan baju, dan makanan.


Beginilah Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita pada kisah di atas, untuk selalu berikhitar dan tidak menopang dagu saja.


Namun, tentunya ada adab-adab yang harus diperhatikan keitka kita menjalani aktivitas selama berikhtiar mencari nafkah.


Semuanya dijelaskan secara terperinci dalam ajaran Islam. Inilah bukti Islam mengajarkan untuk selalu hidup seimbang. Dunia dan akhirat.


Diantara adabnya yang paling penting adalah senantiasa bedo’a dan memohon bimbingan kepada Allah Ta’ala. 


Bagi para pekerja ataupun pengusaha, tentu yang paling diharapkan adalah:

  • bagaimana caranya agar dapat menjalankan pekerjaan sebaik-baiknya
  • Bisa menangani pekerjaan yang sulit
  • Bagaimana caranya diberi kekuatan fisik dan mental dalam menghadapi segala situasi

Tentu saja yang tak kalah penting adalah memohon agar penghasilan yang didapat mencukupi dan diberkahi, sehingga tak perlu meminjam ke sana kemari.


Untuk menambah kekuatan pekerjaan kita, do’a adalah senjatanya bagi orang-orang yang beriman.

0 Response to "Jangan Lalai Berusaha, Ini Anjuran Rasulullah Bagi Pengusaha "

Posting Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Suami Bijak ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel