16 Cara Mengembangkan UMKM Supaya Melejit di Pasaran

 16 Cara Mengembangkan UMKM Supaya Melejit di Pasaran

SUAMIBIJAK.COM - 16 Cara Mengembangkan UMKM Supaya Melejit di Pasaran - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  (UMKM) sekarang ini menjadi ladang usaha yang mulai banyak peminatnya di kalangan masyarakat, khususnya di desa. Pelaku usaha hampir mencakup seluruh masyarakat baik kepala rumah tangga, ibu rumah tangga dan pelajar sekalipun. 

16 Cara Mengembangkan UMKM Supaya Melejit di Pasaran


Akan tetapi, meskipun usaha ini bukan termasuk usaha yang besar, jenis UMKM ini mampu memberikan pendapatan yang luar biasa apabila kita tahu bagaimana cara mengembangkan UMKM itu sendiri.

Berdasarkan data dari KOMINFO, ada sekitar 59,2 juta pelaku UMKM yang mengembangkan usaha ini. Peranan jenis usaha ini pun terbilang cukup besar peranannya bagi negara. 

Bukan hanya berdampak pada keuntungan pribadi, UMKM ini juga berperan sebagai penggerak roda perekonomian Negara, bahkan bisa menambah pemasukan devisa Negara dan megurangi jumlah pengangguran.

Kenali Dulu Cara Mengembangkan UMKM

Untuk membuat sebuah usaha baru, tentunya perlu langkah –langkah dan strategi yang tepat guna, supaya tidak mengalami kerugian, bahkan bangkrut di tengah jalan. 

Banyak usaha yang gagal kerena tidak memperhatikan langkah – langkah tertentu. 

Berikut, kami sajikan, bermacam cara bagaimana mengembangkan UMKM. 

Pastikan bahwa Anda menerapkan strategi –strategi berikut supaya hasil dari UMKM itu maksimal:

1.  Menentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi kebutuhan yang sangat vit4l dalam sebuah usaha. Dengan lokasi yang strategis ini,  maka pendapatan akan secara konsisten meningkat. 

Memilih sebuah lokasi yang yang berdekatan dengan target pasar Anda, adalah pilihan yang tepat. Dengan strategi ini, maka lokasi Anda menjadi tepat dan mudah dijangkau oleh target pasar Anda dan semakin banyak pula pendapatan yang Anda peroleh.

2.    Menentukan Harga yang Kompetitif dan Terjangkau

Dengan harga yang kompetitif dan terjangkau sesuai dengan target pasar, segala pemasukan dan pengeluaran akan menjadi lebih mudah diperhitungkan. 

Kebanyakan dari masyarakat, biasanya selalu tergiur dengan harga murah dengan kulaitas bagus.

Namun, sebagian yang lain pula mempertimbangkan kualitas dan layanan. Maka dari itu, tentukanlah terlbeih dahulu harga yang sebanding antara keduanya.

3. Mempertimbangkan Kondisi Ekonomi Masyarakat Sekitar

Semakin murah harga, maka akan semakin tinggi permintaanya. Jika target pasar Anda adalah kalangan dengan tingat ekonomi Menengah kebawah, tentu Anda tidak bisa memasang harga yang terlalu tinggi. Untuk mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi Anda bisa mengurangi harga produk sesuai permintaan pasar namun tetap sesuai dengan tingkat pengeluaran.

4. Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas dari Sumber Daya Manusia menjadi faktor terpenting dalam sebuah kesuksesan sebuah UMKM. Apabila Anda memiliki Sumber Daya yang berkualitas, maka produk dan pelayanan yang akan dihasilkan dari usaha Anda akan menjadi lebih maksimal. 

Maka dari itu, diperlukan seleksi dari Sumber Daya Manunia yang cocok supaya memperlancar usaha Anda kedepannya.

5. Mempertimbangkan Jumlah Penduduk

Bagi Anda yang ingin mendapatkan konsumen dari produk yang Anda tawarkan sebagai pelaku usaha, maka disarankan untuk memilih tempat dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini bisa menmbuat produk yang Anda tawarkan memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi masyarakat sekitar.

6. Mempertimbangkan Lalu lalang Kendaraan

Dengan tingkat lalu lalang kendaraan sekitar yang tinggi , maka akan menambah peluang kepada jenis usaha yang Anda tawarkan dikunjungi banyak orang dan berkembang. Biasanya, oran – orang juga akan cenderung keluar rumah untuk mencari sebuah produk atau makanan ditempat yang ramai karena mereka menganggap hal tersebut lebih meyakinkan

7. Tingkat Keberagaman Usaha di Sekitar Lokasi

Dengan tingkat keberagaman usaha yang tinggi di sekitar lokasi, maka orang – orang yang datang ke tempat tersebut juga semakin ramai. Mereka datang untuk mencari berbagai macam produk yang pastinya berbeda – beda. Dengan begitu, konsumen bisa mempunyai beragam pilihan. Produk Andapun bisa jadi menjadi pilihan untuknya.

8. Memperhatikan Akses untuk Menuju Lokasi

Semakin mudah akses dengan lokasu yang Anda pilih, maka semakin ramai pula konsumen. Memilih usaha yang banyak dilalui kendaraan dan transportasi umum adalah pilihan yan tepat. Dengan begitu konsumen yan memiliki kendaraaan pribadi maupun tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menjnagkau lokasi Anda.

9. Menyesuaikan Modal

Lokasi ramai akan pengunjung akan membuat produk yang Anda tawarkan menjadi lebih banyak peluang untuk mendapatkan konsumen. Namun, jangan sampai Anda terjebak dengan konsep “yang penting ramai”. Lokasi yang ramai, seperti mall atau dipinggir jalan raya mempunyai biasa sewa tempat yang tinggi. Pandailah memilih dengan harga untuk harga yang murah namun tetap ramai pengunjung.

10. Memperhatikan Tingkat Keamanan

Keamanan di sekitar lokasi UMKM sering menjadi pertimbangan konsumen untuk mengnjungi suatu tempat. Buatlah lokasi disekitar menjadi aman, sehingga pelanggan Anda tidak akan merasa khawatir dengan risiko tindak kejahatan di sekitar. 

Misalnya, pencurian barang, perusakan sepeda motor dan lain sebagainnya.

11. Membangun Relasi Antar Pegusaha

Membangun sebuah bisnis digital atau usaha tidak akan pernah terpisahkan dengan relasi antar pengusaha.

Semakin banyak relasi, maka akan semakin  mudah pula Anda mendapatkan vendor-vendor terpercaya untuk pengembangan usaha Anda selanjutnya. Selain itu juga akan memperluas kangkauan pasar Anda.

12. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kita harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi, dengan begitu usaha yang sedang artan akan kita jalankan tidak akan ada matinya karena senantiasa mengikuti dan beradaptasi dengan teknologi yang ada.

Jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada mejadi sangat mungkin jika pada akhirnya kita akan menjadi kalah besaing dengan permintaan pasar.

13.  Melakukan Promosi Offline dan ONline

Hal wajib di zaman digital bagi Anda yang ingin mengembangkan  sebuah usaha adalah  Anda bisa melakukan promosi secara online maupun offine. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakuhkan untuk melakuhkan promosi. 

Jika budget yang Anda miliki terbatas untuk melakuhkan promosi secara offline, Anda bisa memanfaatkan media online  yangmana bisa menghasilkan untuk menekan biaya.

14. Memanfaatkan Media Social Sebagai Alat Marketing Online

Media Sosial seperti Instagram, facebook, twitter adalah sebuah media sosial yang jumlah penggunanya cukup tinggi di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk mengiklaankan produk Anda supaya lebih dikenal. Ada banyak cara yang  bisa dilakukan, mulai dari mengiklankannya secara personal ke teman – teman hingga membayar jasa pengiklanan.

15. Melakukan Kegiatan Sosial

Kegiatan social dilakukan oleh UMKM adalah cara cerdas untuk mengembangkan UMKM. Karena kita yakin, di dalam harta kita ada rezeki orang lain. Melkaukan kegiatan social seperti santunan, sedekah dan kegiatan lainnya adalah langkah tepat unutk menumbuhkembangkan UMKM.

16. Berdoa, Ikhtiar, Berdoa, Tawakkal, Berdoabersyukur dan Berserah diri

Berbagai langkah di atas juga sebaiknya Anda terapkan dengan disertai pola berikut; yaitu berdoa, ikhtiar, berdoa, tawakal dan berdoa.

Demikianlah, 16 Cara mengembangkan UMKM suapaya bisa melejit di pasaran yang bisa Anda terapkan. Beragam langkah diatas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah ataupun yang sudah terjun di bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah.


UMKM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel